index

Asap Pekat di Riau, Penjual Masker Laris Manis

Asap Pekat di Riau, Penjual Masker Laris Manis

index

peugeotcumple.com – Semenjak kabut asap mengepung Riau imbas kebakaran rimba serta tempat (Karhutla) usaha masker laku manis. Warga memerlukan masker untuk menahan kualitas udara jelek.

Masker yang umumnya di jual di toko obat serta apotik sekarang sering dicari masyarakat Pekanbaru. Warga beli masker ini sepanjang kabut asap mengepung Riau seputar dua bulan paling akhir ini.

Bukan sekedar warga, perusahaan atau komune warga di Riau borong masker dalam jumlahnya banyak.

“Banyak yang beli masker semenjak kabut asap ini. Jika masyarakat umumnya beli banyaknya dikit. Tetapi saat ini banyak komune masyarakat yang belinya dalam jumlahnya banyak, tuturnya untuk disumbangkan ke masyarakat yang terkena asap,” kata Hasan (45) pemilik toko obat di Jalan Subrantas, Pekanbaru.

Tidak hanya masker yang berada di toko obat atau apotek, masker dengan mode yang berlainan ramai di jual di pinggir jalan. Masker yang ditawarkan ini memiliki bahan basic kain dengan pilihan warna bermacam.

“Saya jualan ini telah sebulan semenjak asap ada . Masker yang saya jual berlainan dengan yang di toko obat. Ini memiliki bahan basic kain, yang dapat dicuci kembali,” kata Fuad (38) penjual masker di Jalan Subrantas.

Baca juga : Wiranto Gelar Rakor Bersama KLHK, Bahas Karhutla Sumatera-Kalimantan

Fuad menerangkan, awal berjualan masker satu bulan waktu lalu pembelinya agak banyak. Tetapi satu pekan paling akhir ini, kompetitor jualannya makin bertambah bersamaan asap yang makin pekat.

“Waktu asap mulai banyak, jualan saya banyak yang beli. Tetapi satu minggu ini, yang beli menyusut. Ini sebab banyak pedagang dadak yang lain berjualan yang sama. Walaupun juga demikian, konsumen masih ada-ada saja. Apalagi jika asap pekat,” kata Fuad.

Berlainan dengan Bahtiar (50) yang biasa berjualan es tebu di tepi jalan Sudirman, Pekanbaru. Sekarang, Bahtiar meningkatkan jualannya dengan menjual masker karena kabut asap tebal.

“Sekalian jualan es tebu, saya saat ini jualan masker. Jualan masker ini musiman saja jika ramai asap. Cukup , banyak yang beli, harga murah kok Rp 5.000 satu,” kata Bahtiar.

Leave a Reply