BNPB Minta Pejabat Terus Siaga di Musim Hujan: Kalau Perlu Kurangi Tidur

BNPB Minta Pejabat Terus Siaga di Musim Hujan: Kalau Perlu Kurangi Tidur

peugeotcumple.com – Kepala Tubuh Nasional Penanggulangan Musibah (BNPB) Doni Monardo bicara tentang early warning skema musibah di RI. Menurut dia, skema itu akan maksimal saat beberapa petinggi di beberapa instansi berkaitan serius dalam kerja.

“Ya bergantung kesungguhan dari beberapa petinggi yang berkaitan ya. Jadi tanpa kesungguhan, tanpa konsentrasi kerja meredam pintu air akan sulit,” kata Doni Monardo di kantor Kementerian Pertahanan (Kemhan), Jalan Medan Merdeka Barat, Gambir, Jakarta Pusat, Kamis (23/1/2020).

Baca juga : Mirip Kasus Harun Masiku, Caleg PDIP Ini Kini Menggugat ke PN Jakpus

Ia minta beberapa petinggi itu untuk lebih perduli dengan usaha perlakuan atau mencegah sebelum musibah. Menurut Doni, hal itu harus dipelajari dengan detil sampai ke ranah teknisnya.

“Semua petinggi diinginkan dapat lebih perduli khususnya dalam hadapi musim-musim hujan ini. Jika butuh tidurnya dikurangi, waspada terus, pengaturan di antara hulu dengan hilir. Bagaimana ada hujan, bagaimana curahnya lebat apa tidak, selanjutnya tiap pintu air kan ada data mengenai tinggi permukaan air itu diumumkan,” sambungnya.

Doni memperingatkan supaya warga tidak dipengaruhi dengan berita yang simpang siur atau berita bohong. Ia minta beberapa petinggi itu memerhatikan semua info yang berada di warga.

“Bentuk grup-grup whatsapp ya untuk memperoleh data yang benar. Jangan dipengaruhi oleh hoax-hoax ya berita-berita bohong hingga warga mendapatkan info yang tepat,” katanya.

Ia menjelaskan, beberapa kejadian di Indonesia dari mulai angin kencang sampai abrasi pantai butuh dilihat. Satu kali lagi, keadaan itu cuma bisa diatasi dengan kesungguhan beberapa petinggi berkaitan serta warga pada umumnya.

“Ini harus ada satu kesungguhan untuk bersihkan semua drainase khususnya gorong-gorong ya, sungai-sungai kecil, anak sungai, tidak bisa ada sampah,” papar Doni.

Leave a Reply