31d21be7-2417-43ce-a87b-47db4c8a098e_169

Duka Tokoh Negeri Kehilangan Sosok Sutopo

Duka Tokoh Negeri Kehilangan Sosok Sutopo

31d21be7-2417-43ce-a87b-47db4c8a098e_169

peugeotcumple.com – Wafatnya Kepala Pusat Data, Info serta Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho mencatatkan duka ke semua pelosok negeri. Beberapa tokoh negeri juga ikut berduka serta mengemukakan rasa kehilangannya atas figur Sutopo.

Satu diantara perkataan duka cita itu hadir dari Presiden Joko Widodo (Jokowi). Ia kembali kenang Sutopo jadi figur yang penuh dedikasi.

“Innalillahi wa inna ilaihi rajiun. Ikut berduka atas berpulangnya ke Rahmatullah, Bapak Sutopo Purwo Nugroho di Guangzhou, mendekati pagi hari barusan,” catat Jokowi melalui Instagram, Minggu (7/7/2019).

“Almarhum Pak Sutopo Purwo Nugroho ialah seseorang yang hidupnya diperuntukkan untuk banyak orang. Sampai mendekati akhir hayatnya jadi Kepala Pusat Data, Info, serta Humas Tubuh Nasional Penanggulangan Musibah, dia menyampaikan kabar secara cepat insiden musibah alam gempa bumi, longsor, tsunami, atau kebakaran yang berlangsung di pelosok negeri supaya kita siaga serta tidak kebingungan,” lanjut Jokowi.

Jokowi bahkan juga ingat pesan Sutopo masalah makna kehidupan. Menurut Jokowi, Sutopo sudah mengamalkan pesan itu secara baik.

“‘Hidup itu bukan masalah panjang pendeknya umur, tetapi sebegitu besar kita bisa menolong orang,’ kata Pak Sutopo, satu saat. Serta dia mengamalkan kalimat itu secara baik,” tambah Jokowi.

Awalnya, Jokowi sudah pernah berjumpa dengan Sutopo pada Oktober 2018. Pertemuan dengan Jokowi itu ialah yang diimpikan Sutopo yang menjadi riil. Waktu itu, Jokowi memberi kenangan photo pada Sutopo. Sutopo memperlihatkan dua lembar photo bersama dengan Jokowi, komplet dengan tanda-tangan orang nomer satu di Indonesia itu.

Perkataan duka hadir dari Bekas Presiden ke-4 RI Megawati Soekarnoputri. Megawati memandang Sutopo ialah pejuang sosial kemanusiaan.

“Almarhum Sutopo, Humas BNPB bukan sekedar figur humanis yang masih setia jalankan pekerjaan walau sedang sakit. Buat saya, Beliau ialah pejuang sosial kemanusiaan”, tutur Megawati pada info tercatat, Minggu (7/7/2019).

Hal tersebut dikatakan Megawati ditengah-tengah kunjungannya di Beijing, China waktu hadiri The World Peace Komunitas ke-8. Megawati menjelaskan Sutopo ialah orang yang dapat menentramkan warga pada saat berlangsung musibah lewat pekerjaannya jadi Humas BNPB. Dia memandang info yang dikatakan Sutopo gampang diterima oleh warga.

“Dalam kondisi kritis saat responsif genting berlangsung, Almarhum Sutopo dapat jadi jembatan penghiburan, membuat keinginan ditengah-tengah korban musibah, serta menolong menentramkan warga lewat peranan kehumasan yang digerakkan dengan benar-benar baik. Info berkaitan perlakuan responsif genting, pertolongan ke korban, dan beberapa usaha yang dikerjakan BNPB dikatakan secara baik serta pas, sampai lupakan rasa sakitnya sendiri. Oleh karena itu Pemerintah diinginkan memberikan penghormatan paling baik buat pejuang kemanusiaan itu,” lanjut Megawati.

Perkataan duka cita atas kepergian Sutopo juga hadir dari Komandan Komando Unit Pekerjaan Bersama dengan (Kogasma) Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY). Perkataan belasungkawa itu dikatakan AHY melalui Instagram, Minggu (7/7/2019). Ia mengupload photo waktu berjumpa dengan Kepala Pusat Data, Info serta Humas BNPB itu.

“Terima kasih atas semua layanan serta pengabdianmu sepanjang hidup, bahkan juga selama saat sakitmu. Semangatmu untuk masih kerja dengan ikhlas, meskipun meredam rasa sakit, akan selama-lamanya memberikan inspirasi kami,” catat AHY.

AHY mendoakan supaya almarhum Sutopo tenang serta bahagia disamping Allah SWT. Doa untuk keluarga Sutopo juga dihaturkan.

Selain itu Menko Maritim Luhut B. Pandjaitan ikut mengemukakan perkataan duka atas kepergian Sutopo. Perkataan itu, dia berikan di antara kunjungan kerjanya di Guangzhou, Tiongkok, Minggu (7/7/2019).

Menko Luhut juga langsung ke arah rumah sakit tempat Almarhum dirawat serta berjumpa dengan Retno Utami Yulianingsih, istri Almarhum serta Nurzuama, kakak ipar Almarhum.

“Saya seringkali berhubungan dengan Pak Sutopo waktu saya urus kebakaran rimba tahun 2015, beliau orang baik,” kata Menko Luhut dalam pengakuan tertulisnya.

Selain itu, di jagad Twitter, beberapa petinggi negara yang lain ikut mengemukakan duka citanya atas kepergian Sutopo. Beberapa salah satunya, yakni Ketua MPR Zulkifli Hasan serta Menteri Kelautan serta Perikanan Susi Pudjiastuti.

Baca juga : Jenazah Sutopo Diterbangkan dari Guangzhou China Sore Ini

“Innalillahi wa Inna Ilaihi Raji’un.. Selamat Jalan Pak @Sutopo_PN . Mudah-mudahan Allah beri tempat paling baik di sisiNya,” cuit Zulkifli Hasan melalui account @ZUL_Hasan, Minggu (7/7/2019).

“Duka Cita yg dalam, atas wafatnya Bapak Sutopo Purwo Nugroho. Mudah-mudahan almarhum diterima disisiNya. Keluarga yg diringgal diberi Kemampuan. 🙏🙏🙏 ,” cuit Susi melalui account @susipudjiastuti, Minggu (7/7/2019).

Leave a Reply