ce3bac17-ec18-4a7a-8ceb-f5ca741e9ea6_169

Eks PM Jepang Temui Wapres Ma’ruf, Singgung Kelanjutan Proyek MRT

Eks PM Jepang Temui Wapres Ma’ruf, Singgung Kelanjutan Proyek MRT

ce3bac17-ec18-4a7a-8ceb-f5ca741e9ea6_169

peugeotcumple.com – Bekas Pertama Menteri Jepang Yasuo Fukuda berjumpa dengan Wakil Presiden Ma’ruf Amin untuk mengulas jalinan bilateral di antara Jepang serta Indonesia. Yasuo menjelaskan ada perbincangan tentang kereta cepat Jakarta-Surabaya serta MRT.

“Kami berdiskusi mengenai perubahan serta pembangunan Indonesia, terutamanya dengan kerja sama project serta kerja sama dalam pembangunan SDM. Diskusi kami benar-benar membuat serta pembangunan MRT kerja sama ke-2 negara. MRT sudah dituntaskan pada beberapa waktu yang kemarin. Kami akan berupaya untuk pembangunan kereta api ,” kata Fukuda di kantor Wakil Presiden, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Rabu (20/11/2019).

Fukuda, yang sebagai wakil Japan-Indonesia Association (Japinda), akui tidak ada persetujuan spesial yang diulas dalam pertemuan itu. Ia menyebutkan diskusi dengan Ma’ruf Amin mengulas tema-tema yang umum.

Baca juga : Soal Ahok Ditawari Posisi Bos BUMN karena Teman Jokowi, PAN: Tak Bisa Dinafikan

“Ini hari saya hadir ke Indonesia untuk berdiskusi untuk tingkatkan jalinan bilateral Jepang serta Indonesia keseluruhannya. Jadi tidak ada persetujuan detil atau transaksi tersendiri. Hal ini tidak ada,” katanya.

Selain itu, ikut mengikuti Ma’ruf Amin dalam pertemuan itu ialah Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi. Budi Karya menjelaskan Jepang memberi dukungan pembangunan MRT step II serta step III, yang sesaat akan dikerjakan.

“Jepang demikian serius menolong kita bersama membuat transportasi massal, serta pekerjaan kereta api yang lain. MRT salah satu kebanggaan kita, serta ini akan diteruskan. Tahun kedepan kita akan membuat HI sampai Ancol,” tuturnya.

Budi Karya menjelaskan sasaran MRT Bundaran HI-Ancol usai pada 2025. Selain itu, rute MRT Balaraja-Cikarang direncanakan usai 2026.

“Yang telah kita dapat hitung yang dari HI-Ancol kita harap 2024-2025 usai. Yang dari Balaraja ke Cikarang itu kurang lebih usai 2026. Sama dengan Jakarta-Surabaya. Sebab banyak tanah yang perlu dibebaskan, tentu saja memerlukan waktu untuk mengakhiri,” tuturnya.

Leave a Reply