Gempa M 4,2 Guncang Pangandaran, BMKG: Tak Berpotensi Tsunami

Gempa M 4,2 Guncang Pangandaran, BMKG: Tak Berpotensi Tsunami

peugeotcumple.com – Gempa bumi tektonik mengguncangkan daerah barat daya Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat dengan kemampuan magnitudo (M) 4,2 padaSenin (28/9/2020), seputar jam 10.49 WIB. Gempa ini tidak mempunyai potensi tsunami.

Hasil analisis Tubuh Meterologi, Klimatologi serta Geofisika memperlihatkan jika episenter gempa bumi ini terdapat pada koordinat 8.27 LS serta 108.23 BT, atau persisnya berada di Laut pada jarak 69.53 km Barat Daya Kabupaten Pangandaran dengan kedalaman 10 km..

“Tipe serta proses gempa bumi memerhatikan tempat episenter serta kedalaman hiposenter, gempa bumi yang berlangsung adalah tipe gempa bumi dangkal karena kesibukan penyesaran dalam lempeng eurasia,” kata BMKG dalam tayangan resminya.

BMKG ini menyebutkan, berdasar laporan warga guncangan gempa bumi dirasa di daerah Pangandaran dengan rasio intensif II MMI , atau getaran dirasa oleh sebagian orang, beberapa benda mudah yang digantung bergoyang.

Baca juga : Gibran-Teguh Berbaju Lurik dan Bajo Pakai Beskap Saat Ikrar Kampanye Damai

“Tidak mempunyai potensi tsunami. Tetapi sampai sekarang ini belumlah ada laporan tentang kerusakan bangunan untuk efek gempa bumi itu,” kata BMKG.

Hasil dari pantauan BMKG sampai jam 11.06 WIB, belumlah ada kesibukan gempa bumi susulan (aftershock). “Ke warga disarankan supaya masih tenang serta tidak dipengaruhi oleh rumor yang tidak bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya,” kata BMKG.
(yum/bbn)

Leave a Reply