8a1e6c76-afbc-43aa-8557-d41e2ee56f31_169

Jokowi Beri Gelar Pahlawan Nasional ke Kahar Mudzakkir-Sardjito Siang Ini

Jokowi Beri Gelar Pahlawan Nasional ke Kahar Mudzakkir-Sardjito Siang Ini

8a1e6c76-afbc-43aa-8557-d41e2ee56f31_169

peugeotcumple.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan memberi gelar pahlawan nasional pada 6 tokoh siang hari ini. Tiga salah satunya adalah anggota BPUPKI/PPKI.

“Tiga anggota BPUPKI/PPKI yang masih ada yang tertinggal belum bisa karunia sampai kini,” kata Wakil Ketua Dewan Gelar, Sinyal Layanan serta Sinyal Kehormatan Negara, Jimly Asshiddiqie, waktu di konfirmasi, Jumat (8/11/2019).

Diluar itu, Jokowi akan menganugerahi gelar pahlawan nasional pada satu tokoh wanita dalam jurnalisme serta pendidikan. Selanjutnya dua tokoh yang lain yaitu sultan dari salah satunya propinsi serta tokoh dokter yang berjasa di dunia pendidikan.

Baca juga : Menhan Prabowo Terima Kunjungan Dubes Inggris-Rusia Hari Ini

“Satu tokoh wanita journalism serta pendidikan, satu sultan dari propinsi yang belumlah ada pahlawan, jadi hanya satu penentang Belanda di kesultanan daerahnya yang sebab politik beradu domba oleh Belanda tetap memihak ke Belanda terkecuali ia, hingga diminta turun tahta, tetapi selanjutnya sukses kembali jadi sultan. Satu tokoh dokter yang benar-benar berjasa di dunia pendidikan,” katanya.

Jimly malas menyebutkan siapapun beberapa nama tokoh itu. Ia cuma menerangkan jika ke enam tokoh itu adalah hasil seleksi dari 20 nama yang disodorkan.

“Dari 20 yang diserahkan oleh Menteri sosial, kita pada akhirnya sampai pada rangkuman tahun ini 6 saja. Jadi 6 dari 20 yang diserahkan,” kata Jimly.

Gagasannya pemberian gelar pahlawan nasional akan dikerjakan di Istana Negara siang hari ini. Beberapa nama yang disebutkan akan dikukuhkan jadi pahlawan nasional salah satunya KH Abdul Kahar Mudzakkir, Prof dr M Sardjito sampai Rohana Kudus.

Leave a Reply