Kata Jokowi di Tengah Pandemi, Tangan Tak Cuma Dicuci Tapi ‘Dikunci’

Kata Jokowi di Tengah Pandemi, Tangan Tak Cuma Dicuci Tapi ‘Dikunci’

peugeotcumple.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) memperjelas protokol kesehatan harus betul-betul dilaksanakan untuk menahan penyebaran Corona. Misalnya bersihkan tangan, ialah hal fundamental yang bila dilaksanakan dapat menahan penyebaran Corona.

Berulang-kali pemerintah menyarankan warga supaya tidak malas membersihkan tangan dengan sabun. Virus Corona disebut dapat hancur dengan detergen yang terdapat dalam sabun bersihkan tangan.

‘Jadi jika kita semua disiplin lakukan itu menjaga jarak aman, bersihkan tangan tiap habis pekerjaan, jangan pegang hidung, mulut, atau mata, turunkan itu, ” papar Jokowi tempo hari waktu berkunjung ke RS Spesial Corona di Pulau Galang, Batam, Kepulauan Riau.

Jokowi menjelaskan, tidak hanya membersihkan tangan, warga harus juga ‘mengunci’ tangan supaya tidak menggenggam muka, mulut, hidung atau mata. Warga harus meredam itu supaya kekuatan virus Corona tidak terhirup oleh hidung.

Baca juga : Jokowi Ambil Opsi PSBB, Tim FKMUI: Harus Pastikan Social Distancing Berjalan

‘Jangan pegang hidung, mulut, atau mata, turunkan itu, kunci tangan kita hingga penularannya dapat benar-benar dihindari, ” kata Jokowi.

Hal itu tidak kalah penting dengan jaga jarak aman (physical distancing). Jokowi menjelaskan pemerintah tidak ambil pilihan lockdown hingga ia memperingatkan hal yang penting dilaksanakan saat ini ialah disiplin melakukan physical distancing.

” Semua warga harus jaga jarak, menjaga jarak aman yang penting yang kita berikan semenjak awal, social distancing, physical distancing, itu yang penting, ” tutur Jokowi.

Berkaitan dengan utamanya membersihkan tangan, Juru Bicara Pemerintah berkaitan Perlakuan Corona dr Achmad Yurianto dalam beberapa peluang tetap memperingatkan, hal simpel yakni membersihkan tangan dapat menolong menahan penyebaran virus Corona.

Yuri menyebutkan, virus Corona dapat hancur dengan detergen.

Leave a Reply