85d3c2ae-56be-44ff-9336-6fa1d8864ad2_169

Kesaksian Penjaga Makam Lihat Cinta Habibie ke Ainun: Tak Pernah Lupa Ziarah

Kesaksian Penjaga Makam Lihat Cinta Habibie ke Ainun: Tak Pernah Lupa Ziarah

85d3c2ae-56be-44ff-9336-6fa1d8864ad2_169

peugeotcumple.com – Kesayangan Presiden ke-3 RI BJ Habibie pada istrinya Ainun ditampakkan dengan rutinnya ziarah ke Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta Selatan. Sebelum wafat, Habibie tetap teratur berziarah ke makam Ainun yang tidak sudah pernah surut walau cuaca panas atau hujan.

Satu diantara penjaga makam, Joko Santoso, lihat Habibe terakhirnya berziarah pada Juli lalu, di Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jalan Raya Kalibata, Pancoran, Jakarta Selatan. Joko melihat Habibie teratur berziarah ke Ainun.

“Waktu pemakaman bu Ainun hampir setiap hari loh, sepanjang 100 hari pertama dari pertama pemakaman bu Ainun. Walaupun panas, hujan tentu beliau hadir,” kata Joko di tempat, Jumat (13/9/2019).
Kesaksian Penjaga Makam Lihat Cinta Habibie ke Ainun: Tidak Sudah pernah Lupa Ziarah

Joko akui turut menaungi Habibie saat berziarah ke makam Ainun. Habibie, menurut Joko, belum pernah lupa untuk bertandang ke makam Ainun tiap minggunya.

“Alhamdulillah kan saya seringkali payungin jika hujan. Terkadang gunakan sepatu boat. Sepatu boat kan basah. (Sepatu boat dibawa) dari tempat tinggal (BJ Habibie),” ucap Joko.

Baca juga : JK: BJ Habibie Sosok Penting Bagi Teknologi dan Demokrasi Indonesia

Ia takjub dengan satu diantara kalimat yang sudah sempat ia dengar terucap dari mulut BJ Habibie waktu berziarah di makam Ainun. Kalimat itu diingat Joko sampai saat ini.

“Bahkan juga sudah sempat dalam makna translate-nya doa tuch jika tidak salah beberapa katanya yang paling akhir tuch, ‘sementara ini tidak dapat bertemu, tetapi meyakini akan menyatu lagi’, itu paling akhir beliau,” sebut Joko sekalian tersenyum.

Peristiwa lain yang diingat Joko ialah waktu BJ Habibie berziarah ke makam Ainun dengan cucu-cucunya. Waktu itu BJ Habibie menanyakan tentang kehadiran Ainun pada cucunya. Selanjutnya cucunya menjawab ‘Eyang putri berada di Surganya Allah’.

“Waktu putrinya bu Widya tuch waktu ziarah bersama sama cucunya (BJ Habibie). Cucunya diberi pertanyaan setelah menabur bunga, namanya lupa saya. ‘Eyang putri ada dimana?’ (kata BJ Habibie). Terus jawaban cucunya, ‘iya Eyang putri di alam surganya Allah’. Bener itu, beberapa kata cucunya paling akhir ‘lagi di alam surganya Allah’. Saya langsung (terteguk). Kebetulan saya di makam, beresin ember-ember, kursi,” katanya dengan muka yang sendu.

Joko menjelaskan BJ Habibie teratur berziarah ke makam mendiang istrinya itu. Ia menjelaskan tiap hari Jumat, Presiden ke-3 RI yang baru saya mengehembuskan nafas terakhir kalinya di hari Rabu (11/9/2019) itu tetap mendatangi makam sang istri sekalian membacakan doa di muka pusara mendiang istrinya itu.

“Umumnya sich mas bertandang ziarah satu minggu sekali tiap hari Jumat, pagi. Dari tempat tinggal jam 07.15 sampai sini jam 08.00 WIB. Kira-kira baca doa yasin tahlil 30 menit,” kata Joko.

Semenjak pagi sampai siang hari ini, masih kelihatan beberapa warga yang berziarah ke makam BJ Habibie. Mereka memanjatkan doa di samping pusara BJ Habibie serta pusara istrinya, Ainun, yang ada pas di samping pusara Presiden ke-3 RI itu.

Leave a Reply