Kota Tegal Jadi Zona Hijau, Warga Ramai-ramai Salat Id di Masjid Agung

Kota Tegal Jadi Zona Hijau, Warga Ramai-ramai Salat Id di Masjid Agung

peugeotcumple.com – Selesai penutupan penerapan limitasi sosial bertaraf besar (PSBB), Kota Tegal sekarang telah jadi zone hijau. Masyarakat juga ramai-ramai ikuti salat Idul Fitri di Masjid Agung Kota Tegal.

Penerapan salat Idul Fitri 1441 H di Masjid Agung Kota Tegal, Jawa Tengah ini dengan mengaplikasikan prosedur kesehatan serta dipantau petugas. Petugas yang datang dari yayasan serta pengurus Masjid Agung Kota Tegal bersiaga untuk memperingatkan beberapa jemaah memakai hand sanitizer atau bersihkan tangan dalam tempat yang telah disiapkan.

Tidak itu saja, beberapa petugas mengecek temperatur badan jemaah yang ada dengan thermogun. Kemudian, beberapa jemaah lalu diharap masuk dalam bilik sterilisasi sebelum masuk dalam ruang masjid.

“Kemampuan Masjid Agung Kota Tegal, dengan tanpa ada jarak memuat kira-kira 4.500 jemaah. Untuk penerapan salat Idul Fitri sekarang ini sebab kita memakai dengan jarak, jadi 1.000 jemaah,” kata pengurus Masjid Agung Tegal, Abdul Hayi waktu didapati di tempat, Minggu (24/5/2020).

Hayi memprediksi ada beberapa ribu jemaah yang ada di luar masjid, seperti di jalan atau alun-alun Kota Tegal. Penerapan salat Id ini bersinergi dengan Dinkes yang menyiagakan petugas kesehatan serta mobil ambulans.

“Pada Pemerintah Kota Tegal, Dinas Kesehatan serta Puskesmas, termasuk juga petugas mobil ambulans serta tenaga kesehatan, pengurus Masjid Agung berterima kasih atas kerja sama serta suport prosedur kesehatan pada salat Idul Fitri,” papar Hayi.

Disamping itu, Wakil Wali Kota Tegal, M Jumadi menjelaskan salat Id ini diadakan untuk menghargai warga muslim. Disamping itu, untuk menampung masyarakat yang akan salat Id waktu hari raya.

“Dibanding kita mereka tidak memahami mengenai prosedur kesehatan, selanjutnya mereka tidak patuh ketentuan. Lebih bagus dilaksanakan dengan mengaplikasikan prosedur kesehatan,” kata Jumadi selesai ikuti salat Idul Fitri.

Baca juga : Sindir Pemburu Baju Lebaran, Selebgram Bandung: Dipakai di Alam Barzakh?

Jumadi menjelaskan faksinya juga memberi instruksi pada masyarakat supaya tidak bersalaman serta jaga jarak. Penerapan salat Id ini masih diadakan dengan alasan Kota Tegal yang sekarang telah jadi zone hijau.

“Sebab Kota Tegal telah zone hijau. Saya anggap apa saja kita kerjakan telah ikuti secara baik, kan penerapan hanya sesaat . Barusan ceramah kita meminta tidak untuk semakin lama, paling cuma kira-kira 30 menit saya anggap oke lah,” papar Jumadi.

Salat Id di Masjid Agung Kota Tegal ini diperintah Habib Muhammad bin Mustofa Al Attas untuk khatib, Al Ustadz H Imam Ahmad Baehaqi untuk imam serta Al Ustadz Muhammad Ridlo untuk imam takbiran.

Di Kota Tegal, minimal ada 10 masjid yang melakukan salat Idul Fitri yaitu,
Masjid Agung, Masjid Panggung Jl KH Mukhlas, Masjid Baitul Makna Jl Wisanggeni, serta Masjid Uswatun Hasanah Jl Teuku Cikditiro. Selanjutnya Masjid At Taqwa Jl Bawal, Masjid Tsumery Jl Mataram, Masjid Baitussalam Jl Arjuna, Masjid Baitul Makmur Ni’mah Jl Al Falah Pekauman, Masjid Baiturrohman Jl Sepat, serta Masjid Sabilul Huda Jl Ki Hajar Dewantoro.

 

Leave a Reply