index

Papua Minta Jadi Pintu Masuk Indonesia ke Kawasan Pasifik

Papua Minta Jadi Pintu Masuk Indonesia ke Kawasan Pasifik

index

peugeotcumple.com – Gubernur Papua Lukas Enembe minta pemerintah jadikan Papua jadi hanya satu pintu buat Indonesia serta beberapa negara Pasifik. Dia menjelaskan pemerintah harus mengoptimalkan peranan Papua untuk terhubung lokasi Pasifik.

“Indonesia benar-benar harus berikan peluang pada Papua untuk buka akses semuanya, akses custom, akses migrasi, semua harus dikasih. Jika tidak saya kerjakan langsung. Saya punyai gagasan demikian,” kata Lukas di celah gelaran Pacific Exposition 2019 di SkyCity Convention Center, Auckland, Selandia Baru, Sabtu (14/7/2019).

Menurut Lukas, sampai kini pemerintah tidak menyertakan Papua dalam jalinan Indonesia dengan negara Pasifik. Dia juga memberikan contoh masalah Australia yang mengekspor beberapa barang ke negara lokasi Pasifik.

Walau sebenarnya, kata Lukas, Australia mengekspor barang yang di produksi Vietnam atau Thailand. Ia menjelaskan Indonesia dapat lakukan hal sama dengan mengirim beberapa produk Papua.

“Jadi komunitas ekonomi semacam ini benar-benar berguna buat beberapa negara di lokasi. Kita punyai produk banyak, sampai kini Australia drop kebutuhan-kebutuhan Pasifik, sebenarnya ia berbelanja dari Thailand atau Vietnam. Mengapa tidak langsung dari Papua, dari Indonesia langsung ke daerah Pasifik,” katanya.

Lukas menyebutkan, bila pemerintah meremehkan Papua, ia merencanakan terhubung lokasi Pasifik sendiri. Ia menjelaskan akan berjumpa Pertama Menteri (PM) Papua Nugini James Marape untuk mengulas kerja sama Papua-Papua Nugini.

Baca juga : Ingin Tetap di Perancis, Para Imigran Ilegal Demo di Monumen Pantheon Paris

“Kita Papua telah mengumumkan Papua hanya satu pintu masuk warga ekonomi ASEAN untuk daerah Pasifik. Esok saya ke PNG bertemu perdana mentri untuk bicara ini,” sebut Lukas.

Tidak hanya masalah kerja sama juga dengan negara lokasi Pasifik, Lukas mengomentari pemerintah masalah akses transportasi dari Papua ke beberapa negara Pasifik. Lukas memberikan contoh, tidak ada penerbangan langsung dari Papua ke arah Australia atau Selandia Baru serta sebaliknya.

“Ini bukanlah 1x kita bicara dengan presiden. Ini pemerintah Jakarta lamban tetap, kerja mereka lambat serta tidak serius. Tak perlu bicara politik , orang kerja semacam ini tidak dapat. Telah meminta berapakah kali untuk membuka akses baik darat, udara, laut udara. Semua harus dibuka,” katanya.

“Kita mengharap dengan pekerjaan ini akses laut, udara, serta darat harus dibuka pintunya dari Papua. Kita ke New Zealand atau Australia tak perlu ke Jakarta atau Bali, jauh sekali. Cukup dari Timika atau Jayapura langsung,” tambah Lukas.

Leave a Reply