90a2fe01-dfd4-410b-af8d-35dd9940e668_169

Pengadilan Houthi Hukum Mati 30 Orang Didakwa Jadi Mata-mata Arab Saudi

Pengadilan Houthi Hukum Mati 30 Orang Didakwa Jadi Mata-mata Arab Saudi

90a2fe01-dfd4-410b-af8d-35dd9940e668_169

peugeotcumple.com – Pengadilan Houthi di Yaman menjatuhkan hukuman mati pada 30 orang atas tuduhan jadi mata-mata untuk konsolidasi pimpinan Arab Saudi. Mereka yang divonis mati itu terbagi dalam beberapa akademisi, pendakwah serta anggota serikat kerja.

Menurut sumber kehakiman, ke-30 orang itu terhitung antara 36 terdakwa yang diadili di pengadilan pidana yang ada dibawah kendali barisan pemberontak Houthi. Mereka sudah ditahan sepanjang paling tidak satu tahun paling akhir.

“Pengadilan pidana ini hari (Selasa waktu ditempat) keluarkan keputusan hukuman mati pada 30 orang atas tuduhan jadi mata-mata untuk beberapa negara agresi,” kata sumber seperti diambil kantor berita AFP, Rabu (10/7/2019).

Sumber itu menjelaskan jika ke-30 terdakwa yang divonis mati di pengadilan di Sanaa itu dapat dibuktikan bersalah sudah memberi info pada konsolidasi Arab Saudi tentang beberapa lokasi untuk beberapa serangan udara.

Organisasi HAM, Amnesty International mencela keputusan mati itu yang menurut dia sudah membidik beberapa tokoh oposisi politik “dalam pengadilan palsu”.

Antara mereka yang divonis mati ialah Yussef al-Bawab (45), seseorang profesor pengetahuan bahasa, ayah dari lima anak yang diamankan di akhir tahun 2016.

“Semenjak otoritas de facto Houthi menggantikan skema peradilan pada tahun 2015, mereka dengan progresif memakai SCC (Pengadilan Pidana Spesial) yang ada di Sanaa untuk membidik beberapa orang yang mereka kira jadi musuh atau hanya pengkritik,” cetus Lynn Maalouf, direktur analisa Timur Tengah untuk Amnesty International.

Sudah diketahui, konsolidasi militer yang di pimpin Arab Saudi lakukan interferensi militer di Yaman semenjak Maret 2015, beberapa waktu sesudah barisan pemberontak Houthi yang di dukung Iran, kuasai Sanaa, ibu kota Yaman. Semenjak barisan pemberontak itu kuasai Sanaa, pengadilan-pengadilan Houthi sudah menjatuhkan beberapa hukuman mati atas tuduhan spionase.

Baca juga : Tragis! Balita Asal AS Tewas Usai Terjatuh dari Kapal Pesiar

Leave a Reply