PKB soal Isu Liar Ahok Jadi Menteri: Apa Mungkin Secara UU? Nanti Gaduh

PKB soal Isu Liar Ahok Jadi Menteri: Apa Mungkin Secara UU? Nanti Gaduh

peugeotcumple.com – Ada rumor liar masalah Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) bisa menjadi menteri mengejar intimidasi Presiden Joko Widodo lakukan reshuffle kabinet. PKB nampaknya tidak sepakat jika Ahok betul akan diambil jadi salah satunya menteri di kabinet Jokowi-Ma’ruf Amin.

“Bagus saja semasa Presiden Jokowi memberi amanah, tetapi dengan cara UU apa masih sangat mungkin?” papar Ketua DPP Daniel Johan pada wartawan, Jumat (3/7/2020).

Daniel menyorot masalah ketentuan seorang jadi menteri dari bagian hukum. Ini sebab Ahok sempat diberi hukuman penjara dalam masalah penistaan agama.

“Bukanlah yang sempat diberi hukuman dengan tuntutan lebih dari pada 5 tahun jangan duduk untuk kedudukan menteri?” papar Daniel.

Wakil Ketua Komisi IV DPR itu merekomendasikan Jokowi untuk berhati-hati waktu putuskan pilih menteri bila reshuffle jadi dilaksanakan. Menurut Daniel, bila salah pilih, karena itu menteri baru itu akan membuat kabinet jadi tidak kompak serta akan berefek pada performa pemerintah.

Baca juga :  Amien Rais Dkk Gugat UU Corona ke MK

“Kelak justru ada kerusuhan lagi, sesaat yang diperlukan sekarang ini ialah kesolidan untuk bergerak cepat serta pas,” katanya.

Hal seirama dikatakan oleh Waketum PKB Jazilul Fawaid masalah Ahok. Komut Pertamina itu dipandang masih dapat menyebabkan pro-kontra jika dipilih jadi menteri.

“Masih bisa menyebabkan pro-kontra. Lebih bagus konsentrasi dahulu turut membenahi Pertamina. Jika lihat performanya (untuk Komut Pertamina) belum nampak ada terobosan baru,” kata Jazilul, terpisah.

Rumor reshuffle menggelinding liar sesudah pengakuan keras Jokowi di depan beberapa menteri pada sidang kabinet pleno 18 Juni kemarin. Sesudah video rapat itu diupload ke publik, beberapa broadcast berisi daftar nama calon menteri banyak muncul.

Di beberapa nama yang ada, ada nama Ahok. Ia ada untuk calon Menteri BUMN. Lalu ada pula nama elite PAN Soetrisno Bachir untuk Menteri Sosial serta Agus Harimurti Yudhoyono untuk tempat Menkop serta UKM.

Leave a Reply