30f44e34-14f7-4841-b60d-9fc5ba45b39e_169

PSI Kritik PAN yang Tak Ganti Taufik Kurniawan di DPR: Tidak Sensitif!

PSI Kritik PAN yang Tak Ganti Taufik Kurniawan di DPR: Tidak Sensitif!

30f44e34-14f7-4841-b60d-9fc5ba45b39e_169

peugeotcumple.com – PSI mengomentari PAN yang tidak ganti Taufik Kurniawan di bangku Wakil Ketua DPR sesudah terlilit masalah korupsi. Menurut PSI, PAN sudah memberi contoh jelek.

“Rekan-rekan di PAN benar-benar tidak peka pada rumor korupsi. Taufik, yang telah sah jadi terduga semenjak awal November 2018, tidak ditarik dari bangku pimpinan DPR. Ini benar-benar preseden jelek,” kata Juru Bicara PSI Awal Purwono pada wartawan, Kamis (18/7/2019).

Awal memandang PAN tidak peka pada rumor korupsi. Diluar itu, katanya, PAN seakan melihat korupsi cuma untuk kejahatan biasa.

“Insiden ini benar-benar menunjukkan jika korupsi masih diperlakukan jadi kejahatan biasa oleh PAN, bukan kejahatan mengagumkan,” katanya.

Baca juga : Jaksa Segera Eksekusi Habib Bahar ke Lapas

Menurutnya, fakta PAN yang tidak dapat ganti Taufik di bangku pimpinan DPR tidak berdasar UU MD3. Awal menerangkan, berdasar UU MD3, ketetapan pergantian dengan batasan 6 bulan cuma berlaku untuk anggota DPR.

“Apalagi jika PAN berasumsi ketetapan UU-nya mengenai batasan 6 bulan itu berlaku pada pimpinan DPR, semestinya PAN telah menarik Taufik pada April lalu,” tutur Awal.

“Tetapi yang berlangsung malah PAN biarkan Taufik masih di tempatnya. Jika seperti saat ini, riwayat akan mencatat jika tempat wakil ketua DPR sudah pernah dijabat seseorang terpidana korupsi. Serta ini preseden yang benar-benar jelek,” sambungnya.

Didapati, majelis hakim Pengadilan Tipikor Semarang menjatuhkan vonis 6 tahun penjara pada Taufik Kurniawan sesudah dikatakan bersalah terima suap pengurusan Dana Alokasi Spesial (DAK) Kabupaten Kebumen serta Purbalingga. Tetapi, PAN menjelaskan tidak dapat gantikan Taufik di DPR sebab telah melebihi batas akhir waktu mengajukan PAW.

“Telah tidak , tidak dapat, kan kita 2 bulan , kan enam bulan awalnya sudah tidak dapat ,” kata Sekjen PAN Eddy Soeparno di DPP PAN, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Senin (15/7).

Leave a Reply