‘Raja-Ratu’ Keraton Agung Sejagat Resmi Jadi Tersangka

‘Raja-Ratu’ Keraton Agung Sejagat Resmi Jadi Tersangka

peugeotcumple.com – ‘Raja’ serta ‘ratu’ Keraton Agung Sejagat, Toto Santoso (42) serta Fanni Aminadia (41), sah diputuskan jadi terduga. Keduanya dijaring dengan klausal penipuan serta kerusuhan.

“Dari faktor yuridis sebagai bagian kami, kami telah temukan bukti permulaan yang cukup untuk tingkatkan step ke penyelidikan. Tanggal 14 (Januari) tempo hari telah diputuskan terduga,” kata Kapolda Jawa Tengah Irjen Rycko Amelza Dahniel waktu temu wartawan di Mapolda Jateng, Semarang, Rabu (15/1/2020).

Rycko menyebutkan faksinya telah temukan alat bukti yang cukup untuk menangkap keduanya. Bukti itu salah satunya motif menarik uang dari warga serta simbol-simbol kerajaan palsu.

“Bukti permulaan yang kami dapatkan terdapatnya motif untuk lakukan menarik dana dari warga, pungutan, dengan beberapa cara tipu daya dengan memakai simbol-simbol kerajaan, tawarkan keinginan baru, hingga orang tertarik jadi pengikutnya,” jelas Rycko.

Sebelum memutuskan terduga, polisi juga memahami faktor historis sampai sosiologis warga mengenai kehadiran Keraton Agung Sejagat itu. Polisi bekerja bersama dengan akademisi untuk memahami Keraton Agung Sejagat itu.

Baca juga : Prabowo Pantau Kasus Asabri, Ingin Pastikan Dana Prajurit Aman

“Tentu saja dengan insiden ini saya meminta warga jadi jelas di daerah hukum Kepolisian Wilayah Jateng, aksi Polda Jateng telah pas serta tegas agar tidak berubah di daerah lain,” harapnya.

Toto serta Fanni dijaring dengan Klausal 14 UU RI No 1 Tahun 1946 mengenai menyiarkan berita bohong serta menerbitkan kerusuhan dan Klausal 378 KUHP mengenai penipuan. (ams/sip)

Leave a Reply