Siapkan Boeing 777, China Berencana Jemput Warganya di Bali

Siapkan Boeing 777, China Berencana Jemput Warganya di Bali

peugeotcumple.com – Pemerintah China merencanakan menjemput masyarakatnya yang masih ada di Bali. China diberitakan mempersiapkan pesawat Boeing 777.

“Ada permintaan Konjen China di sini (Bali) untuk dapat menjemput masyarakatnya. Kami tujukan ke Jakarta pengurusannya (Kemenhub),” tutur Kepala Kantor Otoritas Lapangan terbang Daerah IV, Elfi Amir waktu dihubungi, Kamis (6/2/2020).

Baca juga : Pekerja RI Tertular Corona, Menaker: Jangan Panik, Tetap Waspada

Konjen China dalam pemberitahuan awal menyebutkan masyarakatnya di Bali akan dijemput dengan pesawat kosong Boeing 777 maskapai China Eastern Airlines.

Faksi China menurut Elfi disuruh mengatur permintaan penjemputan yang mencakup izin diplomatik (diplomatic clearance), izin terbang serta izin keamanan (security clearance).

Konjen China Gou Haodong awalnya menyebutkan ada 5 ribu masyarakat China yang masih ada di Bali. Pemprov Bali sendiri memfasilitasi perpanjangan izin tinggal (overstay) wisatawan China mengejar penutupan penerbangan ke China dari Lapangan terbang I Gusti Ngurah Rai.

Tindakan kemanusiaan menjemput masyarakat awalnya dikerjakan pemerintah Indonesia. Keseluruhan 238 orang WNI yang dijemput dari Wuhan, China serta sekarang diobservasi di Natuna, Kepri. Eksodus ini berkaitan ramainya wabah virus corona.

Leave a Reply