Situs Purbakala Ditemukan di Langlang Singosari

Situs Purbakala Ditemukan di Langlang Singosari

peugeotcumple.com – Situs purbakala kembali lagi diketemukan di Dusun Langlang, Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang. Situs berbentuk formasi batu bata kuno. Balai Konservasi Cagar Budaya (BPCB) Jawa timur merencanakan lakukan ekskavasi ini hari.

Sangkaan awalnya ada, bila formasi batu bata kuno yang baru diketemukan adalah warisan periode Kerajaan Singhasari yang berdiri untuk era 9 Masehi.

Meskipun begitu riset dengan proses ekskavasi perlu dikerjakan untuk pastikan kehadiran situs.

“Ini hari BPCB Jawa timur mulai lakukan akan lakukan penggalian,” kata Koordinator penemuan candi Malang, Haryoto ke reporter, Sabtu (7/11/2020).

Menurut Haryoto, formasi batu bata yang diketemukan mempunyai ukuran besar sekali. Bahkan juga, melewati bermacam jenis penemuan batu bata kuno di daerah Malang Raya awalnya.

“Ukuran batu batanya besar sekali melewati bermacam jenis batu bata yang sempat diketemukan yang berada di malang,” papar Haryoto.

Ukuran batu bata diketemukan di Dusun Langlang, mempunyai tebal 9 cm dengan panjang capai 39 sampai 40 cm. Tetapi, secara detail berapakah umur benda purbakala ini dianggap Haryoto akan ditelaah.

“Untuk berapakah tahun barang purbakala ini masih ditelaah ya, diprediksi ini semenjak era kerajaan Mataram kuno sampai era kerjaan Singhasari,” ucapnya.

Haryoto menyebutkan, untuk ekskavasi diawali untuk ini hari akan menerjunkan 8 petugas. “Bersama BPCB, kami tetap akan mengeruk sekalian membahas penemuan ini,” ujarnya.
(fat/fat)

Leave a Reply