index

Soal Ahok Ditawari Posisi Bos BUMN karena Teman Jokowi, PAN: Tak Bisa Dinafikan

Soal Ahok Ditawari Posisi Bos BUMN karena Teman Jokowi, PAN: Tak Bisa Dinafikan

index

peugeotcumple.com – Partai Mandat Nasional (PAN) ikut memberi komentar pengangkatan Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) jadi pimpinan Pertamina sebab persahabatan dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi). PAN menyebutkan persahabatan menjadi unsur alasan.

“Saya malah menanyakan, pak Ahok itu rekan pak Jokowi kan? Jadi persepsi persahabatan itu tidak dapat dinafikan, persahabatan memang kadang jadi salah satunya unsur dalam alasan peletakan personil,” kata Wakil Ketua Dewan Kehormatan PAN, Drajad Wibowo, waktu dihubungi, Senin (18/11/2019).

Drajad menjelaskan persahabatan tidak dapat jadikan unsur alasan yang menguasai. Menurut dia kredibilitas, kemampuan, serta akseptabilitas pun tidak bisa dikorbankan.

“Yang penting asal persahabatan jangan jadi unsur alasan yang menguasai. Sesaat unsur kredibilitas, kemampuan serta akseptabilitas malah dikorbankan. Bila persahabatan yang menguasai, jatuhnya jadi KKN (Korupsi, Kolusi, Nepotisme),” katanya.

Drajad ungkap BUMN akan terpengaruh langsung bila ada persahabatan yang berbentuk KKN. Walau demikian, ia masih menyerahkan penentuan pada Presiden serta Menteri BUMN.

“Salah satunya pemicu penting kapasitas BUMN pada umumnya memprihatinkan ialah sebab persahabatan yang KKN sifatnya. Agar Menteri BUMN serta korps-nya yang memandang,” tutur Drajad.

Selain itu, Ketua DPP PAN Yandri Susanto pun tidak menyanggah bila Ahok diambil sebab hubungan dengan Jokowi. Menurut dia Ahok pun tidak mempunyai pengalaman apa pun di Pertamina.

“Juga bisa semacam itu (dipilih sebab persahabatan) sebab Ahok memang dekat dengan Jokowi, dapat dua-duanya, setau saya belumlah ada pengalaman Ahok di Pertamina,” ucap Yandri.

Baca juga : 5 Pelaku Sindikat Pencurian Minyak Mentah di Riau Dibekuk

Awalnya Fadli Zon, turut memberi komentar masalah gagasan pengangkatan Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) jadi petinggi BUMN. Ia menyentuh jalinan persahabatan Presiden Joko Widodo (Jokowi) serta Ahok.

“Jika P @jokowi mengusung Ahok jadi petinggi BUMN, itu tunjukkan jalinan mereka yang dalam,” catat Fadli Zon di Twitter, Senin (18/11/2019).

“Bukan hanya rekan politik, tetapi rekan sejati,” sambungnya.

Leave a Reply