Warga Cerita Awan ‘Tsunami’ di Meulaboh Terjadi 2 Kali, Ungkap Mitos Lama

Warga Cerita Awan ‘Tsunami’ di Meulaboh Terjadi 2 Kali, Ungkap Mitos Lama

peugeotcumple.com – Munculnya awan berupa ombak menggulung atau awan ‘tsunami’ di Meulaboh, Aceh, buat ramai. Salah satunya masyarakat Meulaboh, Aidil, menjelaskan kejadian itu nampak 2x tempo hari.

“Insiden pagi jam 09.00 WIB jika sore jam 18.00 WIB. 2x awannya,” tutur Aidil, Selasa (11/8/2020).

Ia menjelaskan awan itu ada seputar 30 menit saat pagi hari. Sesaat, pada sore hari kejadian itu bertahan semasa 10 menit.

Baca juga : Prabowo Kembali Jadi Ketum Gerindra, Demokrat Singgung Regenerasi

Aidil menyebutkan tidak ada kecemasan yang berlangsung sebab munculnya awan itu. Meskipun begitu, ia menjelaskan ada mitos lama yang membuat masyarakat siaga waktu awan itu ada.

“Jika cemas tidak sepanik berbentuk aksi, mereka cuma punyai firasat jika itu tanda-tanda jelek, berarti dihubungkan dengan mitos lama,” katanya.

Awalnya, dari video yang tersebar, Senin (10/8), awan itu seperti terlihat ombak besar. Ada sisi awan yang nampak menghitam serta ada yang putih.

Awan itu seperti ombak menggulung yang memanjang di langit. Menurut BMKG, kejadian ini diketahui untuk awan Arcus atau awan tsunami.

“Awan berupa seperti ombak yang menggulung namanya awan Arcus atau disebutkan awan Tsunami,” kata Kasi Data BMKG Stasiun Sultan Iskandar Muda, Zakaria.

Leave a Reply